Jangan Lengah

Adakalanya kita harus berjalan lebih perlahan dari biasanya. Adakalanya kita benar-benar harus mampu menahan diri. Namun, tak jarang kita juga harus kerahkan energy perlawanan. Demikianlah, jikapun ada dalam salah dua atau tiga kondisi tersebut. Maka, memilih satu dan meninggalkan yang lain adalah proses kearifan dalam perjalanan. Bukan semata karena posisi aman yang ingin dijalani.

Jika karena sepenggal materi kau menjadi hina, maka tak benar kau telah padu pada Al-Qur’annya. Jika dengan seuntai gombal kau melewati garis maka tak benar kau sebagai Da’i. jika dengan sekuyu gossip kau menjadi linglung maka benar kau bukanlah seorang JundiNya. Ada kaum ‘Ad yang telah lebih dulu membuat bangunan-bangunan tinggi. Mereka, kaum Tsamud telah lebih dulu memotong batu-batu besar. Ia fir’aun telah lebih dulu mampu membangun pengaruhnya yang begitu dahsyat. Mereka kaum Saba’ telah lebih dulu mampu membuat bendungan besar.

Maka, adakah kau pahami perjalanan ini bukan semata untuk memenuhi hal itu?

Betapa bersyukur ada di sini. Kisah para sahabat yang mampu khatam Al-Qur’an dalam 3 hari dapat ku temui di zaman modern ini. Seorang wanita yang mampu mengkhatamkan Al-Qur’an seminggu sekali itu ada di dekatku.


Komentar