Berencana Bermalam di Iboih, Persiapkan hal-hal Berikut

Aku Sabang Kamu, eh... hehe... Menuju Sabang bukanlah hal yang sulit. bermodalkan 80 rb rupiah menggunakan kapal cepat atau 25 rb rupiah menggunakan kapal lambat dari Pelubuhan Uleelhe Banda Aceh kita akan sampai di pulau terbarat Indonesia ini.

Tariq dan Abu di Kapal Cepat
Saat menaiki kapal kemarin, kami mengambil kursi di lantai 2. DI sini kita bisa melihat ke luar dengan jendela yang ada pada sisi badan Kapal. Di bagian belakangnya ada tempat terbuka. Meski agak kecil, namun nyaman untuk melihat-lihat pemandangan hanya saja kadang banyak perokok yang menghabiskan waktunya di sana. Karena saya membawa Tariq saya hanya sebentar saja di ruang terbuka pada kapal ini. Jika menaiki kapal cepat kita akan sampai ke sabang pada pelabuhan Balohan dalam waktu sekitar 45 menit.

Untuk yang tidak terburu-buru. Naik kapal lambat menjadi pilihan yang menarik. sebab saat saya tanyakan ke ponakan ingin naik kapal lambat atau cepat mereka semua memilih kapal lambat. dengan kapal lambat anak-anak lebih leluasa untuk berjalan ke sana kemari dan menikmati lautan. Kalau kamu pingin duduk lesehan di lantai 3 terus ngelihat tikar yang di gantung2 pingin kamu ambil tetap mikir dulu ya. karena tikar itu disewakan. Sebelum kapal sampai akan ada petugas yang mengutip uang 20 rb untuk biaya sewa tikar tersebut. dalam waktu hampir 2 jam kamu akan tiba di Sabang via kapal lambat ini. eh, kalau kamu mau bawa motor atau mobil Kapal Lambat ini adalah solusinya.
Tariq di kapal Lambat

Kunjungan ke Sabang saya kali ini adalah yang ke tiga. setelah sebelumnya pada kunjungan pertama saya menginap di rumah teman. kunjungan ke dua saya menginap di Mess Dirgantara AU maka untuk yang ke tiga ini saya dan suami (kami) memutuskan untuk langsung tinggal saja di Iboh, kawasan terdekat menuju pulau penomenal Rubiah.

Setelah sampai di Balohan. Akan ada beragam alternatif transfortasi menuju Iboih. Untuk yang paling irit kita bisa memilih menaiki becak. becak di Sabang dibuat dua baris. Jadi ada kursi depan dan kursi belakang. Biayanya sekitar 80 sampai 100 rb. kalau menaiki mobil penumpang akan dikenai biaya perorangan 50 rb. dengan catatan minimum ada 3 orang penumpang, atau katanya minimal 150 rb, mobil sewaan akan jalan menuju Iboh. tapi masih bisa nawar kok. kalau yang mau rental mobil disewakan 300 rb per mobil per hari.

Becak Motor Sabang
Sebelum dan sesudah sampai di Iboh berikut beberapa tips yang menurut saya cukup dipertimbangkan untuk kita lakukan sebelum kita menginap di Iboh.

Jelita bungalow
1. Persiapkan manganan ringan dan minuman yang cukup
View dari kamar

Sebelum ke Iboh baiknya kita membawa makanan yang cukup minimal untuk cemilan beberapa hari selama kita di Iboh. Karena harga makanan dan kebutuhan lainnya di Iboh akan naik.

2. Menawarlah dalam Menentukan Penginapan

Harga penginapan di Iboh memang bervariasi, mulai dari yang 200 ribu permalam hingga 650 ribu untuk family room. Untuk kedatangan pada masa-masa sepi pengunjung kita bisa menawar harga penginapan menjadi lebih murah. kebetulan saat ke Sabang kami menginap di Jelita Bungalow yang viewnya tepat ke pulau Rubiah, untuk kamar ber AC, TV, Kamar mandi, Pantry dibandrol 400 rb per malam (karena pergi ke Sabang kali ini dalam rangka Kerja Kantor kalau uang sendiri Mak Sewot juga. Hehe...) Namun, ternyata bisa lebih murah jika ditawar-tawar, dan banyak bungalow-bubgalow lain yang harganya jauh di bawah Jelita ini.

3. Beli sarapan usahakan di bawah jam 8

Fasilitas kamar yang kami sewa tidak dengan sarapan pagi. Ketika terlambat keluar membeli sarapan sekitar jam 9.30 ternyata semua nasimpagi telah habis. maka, untuk mendapat sarapan kami harus membeli sekitar 1 km dari iboh. alhamdulillah dipinjamkan sepedamotor oleh penjaga bungalow.

4. Snorkling

Ke iboh tapi gak ke Rubiah pasti belum lengkap rasanya perjalannnya ya. kalau mau snorkling biasanya kita akan nyewa Kaca Mata renang, pelampung dan kaki untuk berenang. tapi pengalaman sborkling yang ke 3 saya tidak lagi menyewa kaki bebek. meski katanya ada banyak bulu babi karena snorklingnya tidak begitu jauh kami sering meninggalkan kaki bebek ini seteoah di sewa di daratan. untuk tiap item disewakan 15 rb, jika lengkap 1 set menjadi 40 rb. kalau teman-teman mau nyewa kamera air seharinya 100 rb. Atau kalau mau dapat foto lebih cakep bisa pakai guide. Untuk kapal menuju Rubiah. berpariasi mulai dari 150 sampai 250 ribu.