Lirik Yang Menjadi Titik Balik

Judul : Lagu Opick
Inspirasiku; 30 Kisah Menggugah di Balik Lagu Opick
Penulis : Arien Ratih, dkk.
Penerbit: Leutika, Yogyakarta
Cetakan : I, Januari 2011
Tebal : vi + 192
halamanISBN : 978-602-8597-62-3
Harga : Rp38.000



"Lirik Yang Menjadi Titik Balik"
by. Fitria Larasati

Buku ini mengisahkan cerita nyata yang berdenyut pada berbagai lapisan masyarakat. Begitu jujur, sederhana namun syarat akan makna. Beragam lirik Opick yang bertabur makna mampu mengispirasi manusia dengan latar belakang berbeda.

Seringnya, kita tak sadar telah berada dalam keadaan yang menjauh dari hakikat hidup itu sendiri. Berkembara menjauh dariNya, kemudian memasuki fase-fase hidup yang terasa begitu sulit, kurang makna dan sebagainya. Buku ini merangkum 30 kisah menarik yang satu dengan lainnya begitu berbeda. Dan merupakan karya-karya terbaik yang disaring dari ratusan naskah yang juga ikut mengikuti perlombaan "Lagu Opick Inspirasiku".

Meski Opick sudah kentaran dengan label penyanyi religi Islam, salah satu penulis buku ini Joko Susanto bukanlah seorang muslim. Ia yang dari kecil telah memiliki paradigma buruk tentang Islam seperti agama teroris, agama yang senang kekacauan dan sangat mengerikan mampu luluh dengan mendengarkan lagu opick berjudul “Tiada Duka yang Abadi”. Mula-mula ia menyimpan lagu ini dalam komputer kerjanya dan mendengarkan secara sembunyi-sembunyi hingga pandangannya mengenai Islampun berubah.

Pada kisah lain, hidup berumah tangga dengan keadaan pas-pasan bahkan seringnya kurang tentu cukup memberatkan. Dan hal ini terdapat jamak pada masyarakat kita. Kisah-kisah mengenai rumah tangga yang demikian dan kemudian berusaha bangkit atau setidaknya mulai bersyukur.

Buku inipun menjadi segar dan begitu warna-warni, beberapa kisah menggambarkan para muda yang terjebak dalam pergaulan bebas, kisah cinta yang kandas saat undangan bahkan telah tersebar, kerasnya kehidupan menjadi TKW juga mendapat secercah ketenangan ketika mendengar lantunan-syair-syair yang dinyanyikan Opick.

Lagu Opick yang berjudul “Sedekah”, dalam buku ini telah sukses menggerakkan beberapa hati manusia untuk berpikir bahwa bersedekah adalah kewajiban dan tak akan mengurangi harta.

Buku ini secara keseluruhan layak dibaca oleh semua kalangan untuk dijadikan pelajaran. Meski, hampir  dalam semua kisah berangkat dari keadaan yang buruk kemudian menjadi baik. Kisah-kisah dalam buku ini mengajarkan kita untuk lebih bersyukur.

Komentar