UKM Cendekia Unsyiah


UKM Cendekia Unsyiah merupakan sebuah unit kegiatan mahasiswa yang berdiri sejak tahun 2012. Tahun ini merupakan tahun ke-dua UKM ini. Lahir dari rahim salah satu kementrian di PEMA (Pemerintah Mahasiswa Unsyiah) priode 2010-2011. UKM ini memiliki impian menjadi motor penggerak dalam laju Tri Darma Perguruan Tinggi di Kampus Jantong Hatee Rakyat Aceh. Pendidikan, penelitian dan pengabdian merupakan sebuah wacana besar yang ingin mereka garap dengan kemampuan ala mahasiswa.

Wacana besar ini tentu akan mewujud dengan adanya sokongan dari seluruh pihak. Mahasiswa sebagai elemen terbesar dari perguruan tinggi memiliki andil yang sangat besar dalam mewujudkan impian tersebut. maka lahirnya UKM ini menjadi wadah pemersatu ide kreatif, gagasan inovatif, solusi terbaik serta pemikiran cerdas dari para mahasiswanya.

Mereka yang memiliki beragam prestasi duduk dan berpadu dalam satu wadah untuk membangun kampus dan bangsa ini di masa mendatang. Lalu, apakah terlalu sombong jika UKM ini hanya berisikan mereka yang berprestasi?. UKM ini ada untuk segenap mahasiswa Unsyiah. mereka yang berprestasi kita wacanakan menjadi motor penggerak sesama mahasiswa di kapus yang kita cintai ini. mereka yang telah lebih dulu berprestasi wajib berbagi dan membimbing seluruh mahasiswa Unsyiah menuju prestasi yang lebih hebat lagi.

Visi & Misi UKM Cendekia Unsyiah

Visi
Menuju UKM profesional dengan menitik beratkan pada edukasi, penelitian interdesipliner, kreativitas dan kamampuan berinovasi mahasiswa, dengan mengedepankan akhlak dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dalam rangka keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta bermanfaat bagi masyarakat luas.

Misi
1. Mengoptimalisasi potensi keilmuan mahasiswa dengan mengadakan diskusi dan pelayanan yang bersifat membangun bidang keilmuan mahasiswa.
2. Menumbuhkan semangat riset bagi mahasiswa dalam pengembangan budaya riset dan IPTEK.
3. Membangkitkan wacana mahasiswa sebagai insan akademisi yang profesional dibidangnya, berwawasan luas, berakhlak mulia dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dalam kerangka keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
4. Menjalin hubungan dan kerjasama dengan lembaga edukasi/studi dan lembaga penelitian di lingkup intra dan ekstra kampus.

Namun, demikianlah perjalanan yang belum seumur jagung ini. kami percaya "semangat yang besar harus ditopang dengan kemampuan yang hebat. agar laju cita-cita besar ini mampu terus melaju." untuk itu sumbangsih pemikiran, pengalaman, ilmu dari semua pihak ingin terus kami tampung. agar, bejana kami yang masih berisi sedikit ilmu ini mampu terisi secara perlahan.

Ketua UKM Cendekia Unysiah 2013-2014, Fitria Larasati.

Komentar

  1. Mohon klarifikasinya, ini berita salah!!!
    Bila ingin mengetahui sejarah panjang pembentukan UKM ini mohonlah tabayyun dulu kepada sumbernya yang terpercaya.

    BalasHapus
  2. Ini awal kita muncul ke permukaan..
    http://cendekia-unsyiah.blogspot.com/2011/10/training-of-komunitas-cendekia-unsyiah.html
    Dan ada satu lagi di Website dan Koran Harian Aceh yang lebih jelas awal terbentuknya MITI di Aceh pada tahun 2010 dulu. Hanya saja situsnya sudah tidak ada lagi..

    BalasHapus
  3. terimakasih pak klarifikasinya.
    mohon bantuan memberi informasi yang terpercaya kalau begitu. tulisan di atas pengembangan dari brosur UKM CU yang diberi ke saya...

    BalasHapus

Posting Komentar